Cara Membuat Blog Lebih Ramah Terhadap Mesin Pencari

Membuat Blog Lebih SEO


Siapa yang tidak ingin blog yang dimiliki dikunjungi oleh banyak pengunjung. Semakin banyak pengunjung dan semakin banyak orang yang membaca postingan kita, tentu memiliki kepuasan tersendiri bagi sang empunya  blog. Dan untuk melakukan hal itu tentunya kita harus melakukan beberapa optimasi SEO di dalam blog kita sendiri. Selain tu juga harus berkomentar dan mengunjungi blog orang lain. Oke langsung saja ikuti langkah-langkah mudahnya di bawah ini, dan jangan lupa di perhatikan dengan seksama yah.

Menggunakan Meta Tag Untuk Membuat Lebih Ramah di Mesin Pencari

Langkah-langkahnya adalah :
1. Login ke Blogger.com
2. Klik Template --> Edit HTML --> Pilih Lanjutkan --> Cari kode <head> gunakan ctrl + f untuk lebih mudah dalam pencarian.
3. Hapus semua kode yang berada diantara kode  <head> dan <b:skin><![CDATA[ lihat screenshot dibawah setelah penghapusan.

Buka gambar di tab baru jika tidak jelas
4. Salin kode di bawah ini dan letakkan kembali diantara kode <head> dan <b:skin><![CDATA[yang tadi sudah di hapus.

<b:include data='blog' name='all-head-content'/> <b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'> <title>.....you blog title here.....</title> <meta content='-isi dengan deskripsi blog kamu disini-' name='Description'/> <meta content='Masukkan keyword yang berhubungan dengan blog kamu disini' name='Keywords'/> </b:if> <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'> <title><data:blog.title/></title> <b:else/><title><data:blog.pageName/>Masukkan judul blog kamu disini, seperti tutorial blog dan SEO</title> </b:if> <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'> <meta expr:content='data:blog.pageName' name='Keywords'/> </b:if>

NOTE : 
  • Deskripsi blog harus tidak lebih dari 140 karakter untuk pencarian optimal
  • Ingat, keyword harus yang berhubungan dengan isi blog kamu.

5. Klik Simpan template.

6. Untuk langkah yang ke-6, kamu harus mengubah antarmuka blog kamu ke antarmuka yang baru, bukan yang lama. Lihat caranya disini. Setelah mengubah tampilan ke blog yang baru.

7. Klik Setelan  --> Dasar --> kemudian kamu masukkan judul blog dan deskripsi blog kamu, misalkan hzndi.blogspot.com mempunyai judul dan deskripsi seperti gambar di bawah ini.


8. Masih di bagian Setelan, sekarang kamu klik Prefensi Penelusuran. Lihat di bagian Perayap dan Pengindeksan. Jika belum aktif, maka kamu aktifkan saja. Di bagian tersebut terdapat 2 bagian yakni,
  • Robots.txt khusus
  • Tag header robot khusus
Kita akan mengatur yang Robots.txt terlebih dahulu, caranya pun sangat mudah :) lihat di bawah ini.

9. Salin kode di bawah ini, Dan kamu masukkan kedalam kotak pengaturan robots.txt seperti pada gambar di bawah. Dan klik Simpan Perubahan jika sudah.

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /
Sitemap: http://www.nama-blog-kamu.com/feeds/posts/default?orderby=UPDATED 

Buka gambar di tab baru jika tidak jelas

10.  Sekarang kita akan mengatur Tag Header Robots.txt, tinggal kamu lihat saja seperti pada gambar di bawah ini. Mudah kan ? tinggal centang-centang saja :) hehe. Dan jangan lupa klik Simpan Perubahan oke !

Buka gambar di tab baru jika tidak jelas
11. Nantinya di setiap postingan kamu akan muncul sebuah kotak HTML online yang berfungsi untuk menulis deskripsi penelusuran postingan kamu. Masukkan saja beberapa kata yang menarik untuk menarik minat pembaca kamu. Kata-kata yang dimasukkan haruslah tidak lebih dari 140 karakter untuk pencarian yang lebih mantap ! Oh iya, deskripsi yang kamu masukkan adalah deskripsi tentang postingan kamu, tidak harus banyak, namun hanya sebagian kecilnya saja tetapi menyangkut semua isi dari postingan kamu.

12. Satu lagi optimasi yang harus kita lakukan. Yakni menambahkan beberapa kode HTML yang dapat meningkatkan hasil penelusuran menuju blog kamu. HTML ini berfungsi untuk mengaktifkan tag alt pada gambar. Caranya adalah...

13. Klik Template --> Edit HTML

14. Cari kode </body> dan salin kode di bawah ini, kemudian letakkan kode yang sudah kamu salin tadi di atas kode </body>. Ingat diatasnya !
<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
jQuery('a').each(function() {
    // Let's make external links open in a new window.
    var href = jQuery(this).attr('href');
  
    if (typeof href != 'undefined' && href != "" && (href.indexOf('http://') != -1 || href.indexOf('https://') != -1) && href.indexOf(window.location.hostname) == -1) {
        jQuery(this).attr("target", "_blank");
    }
});
jQuery('a').each(function() {
    // Let's make external links open in a new window.
    var href = jQuery(this).attr('href');
  
    if (typeof href != 'undefined' && href != "" && (href.indexOf('http://') != -1 || href.indexOf('https://') != -1) && href.indexOf(window.location.hostname) == -1) {
        jQuery(this).attr("rel", "nofollow");
    }
});
$(document).ready(function() {
  $('img').each(function(){
    var $img = $(this);
    var filename = $img.attr('src')
    $img.attr('alt', filename.substring((filename.lastIndexOf('/'))+1, filename.lastIndexOf('.')));
  });
});
$(document).ready(function() {
  $('img').each(function(){
    var $img = $(this);
    var filename = $img.attr('src')
    $img.attr('title', filename.substring((filename.lastIndexOf('/'))+1, filename.lastIndexOf('.')));
  });
});
//]]>
</script>

15. Simpan deh ! Dan sekarang blog kamu sudah Full Optimasi dan tentunya akan lebih ramah kepada mesin pencari !

Keuntungan dengan menggunakan cara ini adalah : 
  • Menampilkan Judul Blog dengan p enuhdi Search Engine.
  • Deskripsi blog hanya muncul di Home Page blog kamu saat pencarian di Search Engine.
  • Menamilkan Judul Posting Pertama dengan Nama Blog dari setiap Post atau Artikel Dalam Search Engine.
  • Setiap postingan akan memiliki Meta Deskripsi yang berbeda karena kita bisa mengaturnya sendiri di bagian Deskripsi penelusuran.
  • Mengurangi kesalahan Crawler, Pengindeksan dan robots.txt oleh mesin pencari.
  • Tag Gambar Alt Secara Otomatis yang muncul pada semua halaman di Blogkamu.
  • Membuat blog lebih SEO friendly !
Jangan takut untuk mencoba !!!

Posting Komentar

0 Komentar

Dalam pandangan Bung Karno ada tiga semangat yang dibawa oleh Proklamasi Kemerdekaan kita. Yaitu: Semangat berjuang mati-matian yang penuh dengan idealisme. Semangat persatuan bulat mutlak yang tidak mengecualikan satu golongan pun. Semangat membangun dan mendirikan negara. Inilah api dari pada Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu.
~ Edy Suryadi
Kenapa dasar negara kita harus pancasila Karena bangsa Indonesia ini adalah bangsa yang beraneka ragam, aneka ragam sukunya, aneka ragam adat istiadat nya, aneka ragam cara mencari hidupnya dan beraneka ragam keyakinan / agamanya. Oleh karena itu para Founding Father sudah bersepakat untuk menjadikan pancasila sebagai pemersatu bangsa, karena negara ini bukan milik satu kelompok tertentu, negara ini bukan milik agama tertentu, tapi negara ini adalah milik kita bersama bangsa Indonesia.
~ Ardiansyah Surahman